WAWAN SOFWAN, sutradara

Lahir di Panjalu, 17 Oktober 1965. Lulusan Jurusan Pendidikan Kimia IKIP Bandung (kini Universitas Pendidikan Indonesia) ini mulai aktif di dunia teater pada 1985 di Teater IKIP Bandung, kemudian di STB sejak 1988.

Wawan telah terlibat dalam pentas lakon-lakon antara lain: Impian di Tengah Musim, Don Carlos, Tembok Besar, Julius Caesar, dll. Tahun 1994 mendirikan mainteaterbandung. Pada 1999-2000 berpartisipasi dalam berbagai festival di antaranya di Melbourne, Australia dan Forum Internasional Pekerja Teater dan Workshop Commedia del Arte di Berlin, Jerman (2000). Dia juga berkeliling Eropa sejak Rusia hingga Belanda untuk mementasakan monolog “Indonesia Menggugat“ yang diambil dari pidato (peliodi) Soekarno di Pengadilan Hindia belanda pada 1930.

Sejak 1999 Wawan telah menyutradarai: Art, Disco Pigs, God is a Dj, Faust I, Opera La Boheme, Saudagar Venesia, drama musikal HONK, Marry Did You Know, Fashion Performance, Opera “Mozart”, Kehidupan di Teater, dan Nyai Ontosoroh, Sandekala dan Electronic City.

Monolog-monolognya (Dam, Oknum, Zarathustra, Fragmen Faust, Happy 1000…1000 Bahagia, Laporan untuk Akademi, Indonesia Menggugat, Pidato 1 Juni Bung Karno, Kontrabass) dipentaskan di beberapa kota di Indonesia, Malaysia, Australia, Rusia, Jerman dan Belanda. Mendapat beasiswa dari International Theater Institut Germany untuk magang di kelompok Musical Triebwerk Theater-Hamburg.

Saat ini Wawan Sofwan menjadi dosen tamu di University Malaya-Kuala Lumpur (KL) dan sutradara tamu di Sumunda Theater Company-KL. Wawan juga aktif sebagai perancang pertunjukan, sutradara teater, musical, opera, dan pengajar akting.

About this entry

Posting Komentar

 

Teater-Perminus | Author's blog | Powered By Blogspot | © Copyright  2009